Cara Memilih Ayam Kampoeng

Bagaimana cara memilih ayam kampung untuk bahan masakan:

1. Pilih ayam kampung usia antara 3-5 bulan, untuk bahan masakan ayam panggang dan ayam goreng
2. Pilih ayam kampung usia 4-6 bulan untuk bahan masakan soto ayam
3. Pilih ayam kampung yang bulunya berwarna cerah seperti putih, kuning dan lain-lain, jangan pilih yang berbulu hitam karena bekas bulunya akan nampak walau dibersihkan.
4. Pilih ayam kampung yang berkulit, berkuku warna kuning, jenis ayam ini dagingnya lebih gurih
5. Pilih ayam kampung yang jago jangan betina, sebab kandungan lemak ayam betina lebih banyak daripada ayam jago.

Memasak Ayam Kampoeng Empuk

Tanya : Aku mau tipsnya memasak ayam kampung supaya dagingnya empuk tapi tidak hancur. Dan aku juga mau masak ayam daging yang masih utuh tanpa di potong-potong bagiannya itu agar tetep utuh tanpa lepas sendiri setelah di goreng.

Jawab : Pertama, tentu harus dipilih ayam kampung yang muda dan gemuk. Jika akan direbus, didihkan air lebih dahulu lalu masukkan potongan ayam. Masak dengan api kecil hingga ayam empuk dan kaldunya bening. Jika akan digoreng, sebaiknya ayam kampung dibumbui lalu dimasak dulu hingga empuk dna bumbu meresap dan digoreng. Jika terlalu empuk tentu saja saat digoreng tulangnya mudah terlepas dari daging. Gunakan minyak banyak dan api sedang agar hasilnya ayam renyah kering di bagian luar tetapi empuk dalamnya.

Memilih Ayam Kampoeng

Jika dilihat sekilas bentuk ayam kampung mirip dengan ayam jantan. Bagaimana mengenali ayam kampung yang asli?

Ayam kampung atau ayam buras memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda dengan ayam broiler dan ayam jantan. Ayam kampung biasanya dijual dalam keadaan hidup atau karkas (ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan). Jika dibeli dalam keadaan hidup sangat mudah dikenali karena warna bulu yang hitam, cokelat atau abu-abu. dan bentuk ayam yang lebih ramping dari ayam broiler. Dalam bentuk karkas bisa dikenali dari bentuk badan ayam. Ayam kampung badannya lebih ramping, bentuk paha lebih memanjang, sayapnya lebih panjang, pori-pori kulit lebih kecil dan biasanyanya kakinya berwarna kuning atau hitam dan tidak selalu putih. Lemak ayampun tidak banyak selain di bagian pantat ayam. Lemak inipun warnanya kuning tua dan jumlahnya tidak banyak. Yang biasa dijadikan patokan adalah harganya. Meskipun harga yang mahal bukan jaminan ayam kampung asli. Banyak pedagang yang mencampur ayam broiler jantan atau persilangan dengan ayam kampung asli.

http://food.detik.com/read/2012/11/06/130143/2083074/312/memilih-ayam-kampung